WHAT'S NEW?
Loading...

Bagaimana Kiat untuk Meraih Kebahagiaan Hidup?




Seperti biasa, dalam sehari saya biasanya menyediakan waktu khusus untuk membaca. Ada beberapa Genre buku yang senang saya baca, seperti buku bergenre fiksi (novel dan puisi) serta buku bergenre motivasi. Salah satu buku yang saya baca hari ini adalah buku yang berjudul "Jadilah Wanita yang Paling Bahagia" Karya Dr. 'Aidh bin Abdullah Al-Qarni. Yang pernah baca buku Laa Tahzan pasti tidak asing dengan nama ini. Yah, beliau adalah penulis yang sama yang menulis buku Laa Tahzan. Seperti buku "Laa Tahzan", buku "Jadilah Wanita yang Paling Bahagia" adalah buku recommended untuk dibaca

Kembali ke topik utama, Bagaimana kiat untuk meraih kebagaiaan hidup? dalam buku ini dijelaskan:

Seorang pakar Psikologi bernama D. Dikcs mengatakan bahwa kehidupan yang bahagia adalah seni yang indah. Beliau mempunyai 10 kiat untuk meraih kebahagiaan hidup. Apa saja?

Pertama, biasakan diri melakukan pekerjaan yang disukai. Jika pekerjaan itu tidak mudah dilakukan, isilah waktu-waktu senggang untuk menyalurkan hobi yang paling disukai, kemudian dalamilah ia.

Kedua, perhatikanlah kesehatan fisik, karena sesungguhnya kesehatan fisik adalah jiwa kebahagiaan, yaitu dengan mengatur pola makan dan minum tanpa berlebihan, membiasakan olahraga dan menjauhi kebiasaan buruk dan merugikan.

Ketiga, hendaklah mempunyai sasaran dalam hidup ini, karena dengan memiliki sasaran, maka akan membangkitkan semangat dan gairah hidup.

Keempat, Jalanilah hidup menurut apa adanya dan terimalah segala sesuatunya, baik yang manis maupun yang pahit, dengan hati yang lapang.

Kelima, Hayati hidup yang sedang dijalani, jangan menyesali hal yang sudah berlalu, jangan pula memusingkan hari esok yang belum tiba, karena kita hidup di hari ini dan hendaknya kita memaksimalkan perhatian untuk hari ini.

Keenam, gunakanlah pikiran Anda untuk sebelum melakukan pekerjaan apa pun atau keputusan apa pun, agar kelak tidak mencela orang lain atas keputusan Anda dan apa yang bakal diperoleh akibat keputusan tersebut.

Ketujuh, senantiasalah memandang orang yang berada di bawah Anda sehingga timbul rasa mensyukuri atas apa yang telah dimiliki dan betapa beruntungnya kita dalam hidup ini.

Kedelapan, biasakanlah diri untuk murah senyum, berjiwa periang, dan berteman dengan orang-orang yang optimistis.

Kesembilan, Hendaklah Anda berbuat untuk membahagiakan orang lain agar beroleh harumnya kebahagiaan.

Kesepuluh, pergunakanlah berbagai kesempatan yang cerah lagi indah dan anggaplah itu sebagai terminal keharusan bagi kebahagiaan.

Demikian yang kiat untuk meraih kebagahagiaan hidup. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Selamat menjadi individu yang berbahagia :)



Sumber:
Dr. 'Aidh bin 'Abdullah Al-Qarni. Jadilah Wanita yang Paling Bahagia. 2017. Jakarta: Fathan Media Prima.

0 komentar:

Posting Komentar