WHAT'S NEW?
Loading...

Bagaimanakah Cara Kerja Krim Pemutih (Whitening Cream) pada Kulit?




Krim pemutih tentu tidak harus secara kaku dipahami sebagai pemutih kulit karena sebenarnya krim ini lebih berperan untuk menjaga optimalitas sel-sel kulit agar terlihat lebih cerah. Secara genetik, warna kulit seseorang sudah ditentukan, walaupun faktor lingkungan juga turut mempengaruhi. Krim pemutih yang baik sebenarnya bersifat mencerahkan sehingga kulit terlihat lebih cerah, bersih dan sehat. kalaupun ada krim-krim yang dapat memutihkan, khasiat krim seperti itu hanya terlihat selama krim digunakan.

Krim pemutih berperan dalam menghambat pembentukan melanin (pigmen yang menentukan warna kulit seseorang). orang berkulit gelap (coklat) memiliki kandungan melanin yang lebih banyak daripada orang yang berkulit terang (putih). krim pemutih biasanya mengandung hidrokinon yang dapat menghambat pembentukan melanin, sedangkan asam asetinon atau alfa hidroksi berperan untuk pelepasan kulit. 

Krim pemutih tidak boleh dipakai jika mengandung zat yang berbahaya, seperti merkuri (air raksa) atau rhodamin yang sering digunakan sebagai pewarna produk berflouresensi merah dan digunakan untuk kertas dan tekstil. merkuri sudah lama diyakini dapat mempercantik kulit. Namun, penggunaan merkuri dalam jangka waktu yang panjang sangat berbahaya karena peresapannya ke dalam kulit  dengan cepat atau lambat dapat mengganggu fungsi  organ tubuh seperti ginjal dan juga sel saraf. selain itu, dapat menimbulkan gejala tremor, insomnia, kepikunan, ataksia hingga gangguan emosi (depresi).

Jadi, berhati-hatilah pada produk pemutih apalagi yang instan. Ada banyak cara yang dapat digunakan untuk memperoleh kulit yang cerah dan juga sehat, salah satunya dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti bengkuang, madu dan ekstrak buah-buahan tertentu. 
Untuk mengetahui apakah Anda memerlukan krim pemutih atau tidak, Anda cukup menempelkan atau merapatkan bagian dalam lengan atas dengan wajah Anda. Lihatlah di cermin, jika wajah Anda lebih gelap daripada warna lengan atas (bagian dalam), Anda mungkin memerlukan krim pemutih. Tetapi jika sebaliknya, Anda tidak memerlukannya. Selamat mencoba.


Sumber :

Zapino, Tomi. 2011. 350 Pertanyaan Seputar Biologi. Yogyakarta: ANDI.

0 komentar:

Posting Komentar